Gue vs Neraka

Gays, kembali ke nama wiwit Sugiarto. Gue mencoba untuk mencari tau kenapa ge diberi nama setengah-setengah. Maksutnya setengah cewek dan setengah cowok. Jangan pada salah, kalo Gue cowok sejati gays. Oke, gue paham dengan apa yang ada di pikiran kalian. Gue sih, cuma mau klarifikasi saja. Gue membela diri.
Dua minggu yang lalu, dengan rasa penasaran setengah jengkel, Gue nelpon nyokap gue di Lampung. Bukan, Bukan buat minta duit. Pikiran kalian jahat bener tentang gue. Tujuan gue nelpon nyokap hanya untuk cari tau kenapa gue diberi nama....*** seperti itu lah. Gak nyaman rasanya gue mau ngetik nama gue sendiri. Kaya geli tapi jijik.
Dengan tak ragu-ragu gue tanya ke nyokap, "Mah, kenapa, sih, aku diberi nama yang di dalamnya ada nama ceweknya?" Jantung gue deg-degan menanti jawaban dari nyokap. Gue sih, berharap jawabannya tak terlalu membuat batin gue tersiksa.
"Kenapa kamu bertanya seperti itu? Kamu tidak bersyukur dengan nama kamu?" Nyokap malah nanya balik. Antara bingung dan sebel, gue hanya terperangak mencari-cari alasan untuk menjawab pertanyaan nyokap. Ah, untung saja gue agak cerdas, jadi bisa ngeles.
"Mah, kan dulu Mamah pernah bilang, Kalo ada orang nanya itu jangan tanya balik sebelum pertanyaannya dijawab, Pamali. Gak sopan." Gue mencoba untuk ngeles menghindari omelas. Nyokap gue diem, gue fikir dia pinsan, ternyata tidak, beliau mencari cara baru untuk membunuh gue.
"Nak," Panggilnya kepadaku. Sedikit ditekan suaranya, aku cemas, seperti ada sesuatu. "Kamu beneran ingin tahu kenapa namu kamu ada nama ceweknya?" Tanya nyokap. Kali ini suaranya sedikit tersendak, seperti sedang bersedih.
"Ya beneran geh, Mah. Aku serius. Aku tersiksa, Mah dengan nama ini. Aku ingin tahu, apa sebenarnya makna dibalik nama ini? Aku akan cari tau sampai ke Neraka pun demi kejelasan nama Wiwit." Kata gue mantep. Sangat antusias sekali Gue menunggu jawaban nyokap. Gue manggut-manggut. Kali ini gue bakalan dapat alasan gue diberi nama Wiwit. Gue bakalan klarifikasi kepada teman-teman di Kampus agar gue gak di bully lagi. Pikir gue dalam hati sambil senyum-senyum dengan telpon masih nempel di kuping.
"Nak, kamu beneran mau mencari tau sampai ke Neraka?" bukannya jawab, nyokap malah nanya balik ke gue. Gue bingung apa maksut nyokap, yang jelas, nyokap sudah berlaku gak sopan terhadap gue. Ditanya gak mau jawab malah tanya balik.
"Ya beneran lah, Mah. Emang aku pernah bercanda, Ya?" Kali ini gue lebih semangat. Mantep sekali gue jawab pertanyaan Mamah. Gue sih yakin, gak mungkin gue nyari sampai ke Neraka, sedangkan nyokap gue masih hidup. Kan nyokap yang udah ngeluarin.
Penuh keyakinan tingkat tinggi gue senyum-senyum menunggu nyokap menjelaskan segalanya.
"Nak, jika itu mau-mu, Mamah hanya bisa berdoa, semoga kamu bisa." Gue bingung dengan jawaban nyokap. Apa maksutnya ini? Ada yang ganjil sepertinya.
"Mamah gak bisa memberikan jawaban, karena Mamah gak tau. Yang ngasih nama kamu Bukan Mamah atau Papah. Tapi, yang memberi nama kamu itu Kakek-Mu. Nah, sekarang Kakek mu sudah meninggal, Jadi, kalo kamu beneran mau ke Neraka buat nemuin Kakek, Mamah hanya bisa mendoakanmu semoga selamat sampai tujuan. Jangan lupa, salam buat Kakekmu dari Mamah kalo ketemu di sana. Mamah mengijinkanmu pergi kesana, Nak." Jawabnya dengan santai tanpa beban apa pun. Gue seperti tak diharapkan. Gue terpaku mematung. HP yang tadinya nempel ditelinga kini jatuh membentur lantai. Hatiku hancur berkeping-keping. Bukan karena apa-apa, tapi karena beban pikiran. Ini gue yang bego, apa memang nyokap yang tega terhadap gue? Santai sekali Nyokap mengijinkan gue buat ke Neraka. Mana pakek nitip salam lagi. Gak bener ni Nyokap.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer