Potret Kehidupan Mantan Part 2


Potret Kehidupan Mantan Part 2
Huh, Mantan. Yups, ngomongin mantan sama aja kita flasbeck ke masalalu. Ngomongin mantan sama aja ngajak kita buat nostalgia dengan hari bahagia bersamanya. Itu kalau bahagia saat bersamanya, kalau misalnya sebaliknya ya sama aja ngajak kita buat nostalgia dengan kepedihan. Kadang gue heran, kenapa harus ada kata MANTAN! Siapa sih yang nyiptain kata itu? Aneh aja gitu.
Kadang gue mikir alangkah baiknya kata MANTAN itu diilangin aja. Dihapus dari KBBI. Sebuah hubungan bisa hancur dengan cepat hanya karena kata mantan. Baru pacaran lima jam udah putus. Gara-garanya simpel, katanya gue gak bias move on dari mantan. Katanya gue Cuma nganggep dia sebagai pelampiasan karena habis putus dari mantan. Katanya gue mikirin mantan terus. Katanya gue chattingan terus sama mantan. Katanya sisa-sia mantan masih kebawa pas gue udah punya pacar baru. Aneh!
Nama gue Sob atau lebih tepatnya Sobirin. Udah hampir setahun ini gue jomblo. Jomblo yang diakibatkan karena kebodohan gue sendiri. Kadang gue mikir, apa yang gue lakuin ditahun lalu adalah sebuah kesalahan besar yang rasanya akan gue sesali seumur hidup. #Parah!
Setahun yang lalu gue punya pacar namanya Bel, lebih tepatnya Abel. Gue udah lama banget pacaran sama doi. Yah, kurang lebih dua tahunan gue pacaran. Dia sayang banget sama gue begitupun gue ke dia. Dia baik, perhatian, lucu, jujur, cantik, dan pokonya dia itu super-super deh menurut gue. Kadang gue mikir, kok ada ya cewek kayak dia yang mau sama cowok geblek macem gue ini. “Ada, buktinya si Abel mau”.
Hubungan kita berjalan dengan baik. Semuanya terasa dilalui dengan indah hari-hari yang panjang sebelum akhirnya kesalahan besar gue ambil. Yupz, gue mutusin dia.
“Lo begok banget sih mutusin cewek sebaik Abel”! Makian temen pas tau gue udah putus sama Abel. Saat itu bukan Cuma satu orang aje yang ngomelin gue, tapi hampir semua orang ngomelin gue termasuk bapak-bapak tukang kebun kampus.
“Lo bakalan nyesel seumur hidup kalo sampe mutusin dia”.
Dulu gue belum mikir sampe sejauh itu. Dulu gue cuma mikir gak mungkin sampe seumur hidup juga. Lagian masih banyak cewek diluar. Yah, kalo buat nyari yang seperti dia sih gak bakalan susah.#Sombong.
Dulu gue Cuma mikir gitu. Gak ada pikiran gue bakalan nyesel atau bakalan kehilangan sosok yang selama ini sudah nemenin gue. Selagi populasi cewek belum punah gue masih punya ruang kok buat cari yang lain. Pikiran gue dulu.
“Emang lo kenapa sih kok sampe mutusin dia?”
“Bosen.”
“Apa?! Lo bilang BOSEN?”
“Iya gue bosen.”
“Wah, dasar otak saraf. Saraf Lo!” Makian sohip gue.
“Gue kasih tau ya, cewek kayak dia itu susah dicarinya. Sampe lo jungking balik pun lo gak bakalan bisa cari cewek yang kayak Abel.”
“Banyak,,”
“banyak pale lo peang! Ah, terserah lo ajalah, yang penting kalo sampe lo nyesel dengan keputusan lo ini, jangan sampe curhat ke gue.”
Bener banget! Dan sekarang gue baru kerasa nyeselnya karena udah mutusin Abel. Bener kata temen-temen gue. Dulu gue kira bisa jadi sebuah kebanggaan karena udah mutusin Abel. Secara cowok kampret kayak gue mutusin cewek secantik dan sepintar Abel. Rasanya gue kurang ajar banget. Tapi menurut gue itu keren. Dulu, sekarag barudeh kerasa nyeselnya. Mau curhat ke temen pada gak mau dengerin, ya akhirnya gini deh, lewat BLOG.
Penyesalan gue ini hanya berakhir di stalking medsos Abel (sang mantan). Akibat penyesalan inilah gue ngerasa kalo ternyata gue ini adalah mata-mata tanpa bayaran. Hampir setiap hari gue stalking medsos dia hanya karena mastiin kalo dia belum punya pacar baru.
Udah hampir lima bulan gue membohongi diri gue sendiri dan juga orang lain. Gue sok tegar, sok kuat, sok gak perduli dengan keadaan gue yang jomblo ini, dan gue juga sok gak perduli dengan kabar-kabar mengenai Abel. Padahal kalo ketahuan hampir setiap hari gue stalking medsos dia hanya karena pengin ngeliat foto-foto dia. Dan itu sudah berlangsung selama lima bulan.
Didepan temen-temen gue berpura-pura sok sudah bisa move on, sok kuat dan sok tegar. Gue selalu bilang sama mereka kalo gue udah gak mikir apapun yang berkaitan tentang Abel. Gue gak perduli. Padahal kebohongan itu justru nyakitin batin gue sendiri.
Beberapa minggu yang lalu hati gue semakin hancur. Mata gue serasa sulit untuk terbuka pas liat up load-tan Abel di instagram. Gue gak percaya kalo itu dia yang ada di foto bersama dengan cowok. Tapi hal itu dibantahkan ketika beberapa jam kemudian Abel kembali up-load foto dengan cowok yang sama namun beda gaya. Pegangan tangan sambil tersenyum menatap si cowok. Dan kembali ada foto yang diunggah berfose abel dibelakang si cowok dengan manja merebahkan kepalanya di bahu si cowok dengan caption “pundakmulah yang akan selalu membuatku nyaman ketika aku sedang berduka. Aku mencintaimu.#AR”
Gila, gue langsung gila sendiri. Bukan perihal apa-apa, yang makin bikin gue gila tu muka si cowok di foto jauh lebih bagus dari muka gue. Dia GANTENG. ANJING! Dan mereka terlihat mesra banget, beda pas sama gue. Sekarang Abel kelihatan makin caantik, makin menggemaskan. Lo pernah gak sih ngerasain apa yang gue rasain?
Pedih!
Abel disana kelihatan semakin bahagia banget. Beda dengan gue yang disini. Dia sebagai korban seharusnya dia terpuruk karena udah gue putusin. Pikir gue. Ternyata gue salah. Doi justru semakin bahagia sementara gue disini masih terbelenggu dengan batin gue sendiri. Dan tanda tagar yang di captionya itu ternyata setelah gue selidiki melalui kacamata Ian Casela adalah inisial dari nama cowok barunya yaitu Amran Ramadhan. Namanya sekeren wajahnya. Dibanding nama gue Sobirin, jauh banget deh!
Yeaahh, memang penyesalankan datangnya selalu diakhir episode. Gak pernah datang diawal-awal, karena itulah seni kehidupan. Kadang gue mikir, apakah ini karma gue karna udah nyakitin cewek yang udah baik dan sayang banget ke gue. Gak seharusnya gue ngebalas kebaikannya dengan cara seperti ini. Saran gue, buat temen-temen yang udah punya pacar baik, perhatian, sayang dan gak aneh-aneh, jangan deh kalian yang aneh-aneh yang bikin hubungan kalian bubar. Yakindeh, kesempatan susah datang buat keduakalinya. Nyesel, nyesek, Mampus!
Jaga pasanganmu itu dengan baik. Rawatlah dia dengan kasih sayang yang tulus agar hubungan kalian tetep langgeng sehat jasmani dan rohani. Jangan sampe bikin kesalahan yang justru akan memperburuk keadaanmu. Sayangi dia seperti kamu menyayangi ibu kamu sendiri, karena itulah makna dari sebuah hubungan. Tidak ada yang sempurna, terima apaadanya dan berusahalah memperbaiki ketidaksempurnaan itu, bersama.

Komentar

Postingan Populer